Home | Jurnal Manado | Tugas Legislator Itu, "Serap Aspirasi Bukan Tanda Tangan!"

Tugas Legislator Itu, "Serap Aspirasi Bukan Tanda Tangan!"

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Tugas Legislator Itu,
NET
Ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seluruh legislator DPRD Kota Manado harus menjalankan tugas reses. Tentu saja reses yang berkualitas bukanlah acara bagi-bagi uang kepada konstituen atau makan-makan saja, tapi tanya-jawab hingga realisasinya oleh wakil rakyat tersebut.

Hal ini diakui Roy Maramis anggota DPRD Kota Manado yang mengelar reses di Lapangan sepakbola di Kelurahan Tanjung Batu, Sabtu (13/12/2014) sore. "Wakil rakyat harus melakukan reses sebab itu agenda resmi dilindungi aturan yang ada. Tentu saja reses adalah bertemu konstituen atau warga di daerah pemilihan kita dan terjadi penyerapan aspirasi bukan hanya kejar tanda tangan peserta untuk pelaporan supaya bisa dicairkan dana reses," ungkapnya.

Seperti diketahui setiap personil DPRD Manado mendapatkan hampir Rp 30 juta untuk program reses. Itulah mengapa, kata Maramis, ia mengelar pertemuan dengan konstituennya dan lebih banyak memberikan kesempatan warga bertanya. "Warga khusus yang di Tanjung Batu minta diperjuangkan penyaluran bantuan banjir. Artinya jangan warga dipersulit untuk terima bantuan," ujarnya.

Dikatakannya, warga Tanjung Batu yang cukup banyak menjadi korban banjir sebaiknya dipermudah bukan dipersulit pemerintah. Apalagi sebagian besar adalaah warga kurang mampu. "Jadi syarat tidak perlu pakai sertifikat rumah tapi bisa dengan keterangan lurah setempat sebab mereka pasti lebih tahu kepemilikan property di wilayahnya.

Sebab khusus warga kurang mampu pastinya ada yang belum punya sertifikat kepemilikan rumah. Ini akan saya kawan ke instansi terkait (BPBD) sebab rata-rata warga mengeluhkan hal ini dan tentu saja harus dikawal sebab sudah dianggarkan di APBD P dan rencananya jika kurang akan dianggarkan lagi di APBD Induk 2015," jelasnya.

Dalam reses di Tanjung Batu hadir sekitar empat ratus warga dari Kecamatan Wenang dan Wanea juga Camat Wenang, Lurah Tanjung Batu, Perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Manado dan staf dari Sekretariat DPRD Manado.

Terpisah Sekretaris DPRD Kota Manado Drs Leo Sondakh menuturkan setiap anggota DPRD harus melakukan reses. Anggaran disiapkan untuk setiap personil dan wajib memasukkan laporan sesuai aturan. "Harus ada laporan pertanggungjawabkan. Laporan reses biasanya harus ada bukti foto sebagai bukti dokumentasi, harus menggunakan sound system dan yang lainnya," ujarnya.

Subscribe to comments feed Comments (5 posted)

avatar
Thursday, 30 June 2016
Most help articles on the web are inaccurate or inhoterenc. Not this!
avatar
Saturday, 02 July 2016
Wow! Great <a href="http://amnnvpkefa.com">thkining!</a> JK
avatar
Saturday, 02 July 2016
Was totally stuck until I read this, now back up and ruginnn. http://ctbwzrubb.com nfswhm [link=http://jgxhqejvj.com]jgxhqejvj[/link]
avatar
Saturday, 02 July 2016
Most help articles on the web are inaccurate or <a href="http://cofona.com">ineocerhnt.</a> Not this!
avatar
Tuesday, 05 July 2016
I'm not easily imsrdpsee. . . but that's impressing me! :) http://ljmlnwbqjyi.com dugmcdnww [link=http://tcxhdovny.com]tcxhdovny[/link]
total: 5 | displaying: 1 - 5

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in